Resep masak gulai bebek aceh

By

Resep gulai bebek aceh

Gulai merupakan masakan berkuah yang menggunakan santan dengan bahan dasar daging ayam, daging sapi, jeroan juga daging bebek. Masakan ini merupakan masakan khas nusantara yang banyak di gemari. Dari berbagai daerah juga memiliki resep tersendiri untuk membuat gulai. Seperti di Aceh yang memiliki gulai bebek khas daerah tersebut. Rasa pada gulai bebek khas Aceh ini sangatlah enak dan memiliki citarasa tersendiri. Hingga siapapun yang menikmatinya pasti akan ketagihan.

Resep masak gulai bebek aceh

Bagi bunda yang ingin membuat gulai bebek khas Aceh, saya akan memberikan resep serta cara membuatnya untuk anda. Untuk membuat gulai bebek Aceh bunda bisa ikuti langkah-langkah serta bahan-bahan yang harus disiapkan berikut ini.

Bahan
400 gram daging bebek dibersihkan dan potong sesuai dengan selera, 25 gram kelapa parut lalu disangrai dan dihaluskan, 100 ml santan kental dari ½ butir kelapa, 600 ml santan cair, minyak goreng untuk menggoreng juga menumis.

Bumbu
1 sendok teh air perasan jeruk nipis, 5 butir bawang merah diiris tipis dan digoreng, ½sendok teh gula pasir garam sesuai selera.

Bumbu halus
3 butir bawang merah, 2 buah cabai merah keriting dibuang bijinya, ½ sendok makan ketumbar, 2 buah bunga pala, ¼ sendok teh pala, ¼ sendok teh Adas manis, ¼ sendok teh merica 1 cm lengkuas, 1 cm jahe 3 biji cengkeh kering.

Cara membuat

  1. Lumuri seluruh permukaan daging bebek dengan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak goreng dan goreng bebek sampai matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan sisihkan.
  3. Rendam bebek dalam campuran santan kental, kelapa parut, bumbu halus, dan juga garam.  Diamkan selama 15 menit.
  4. Ambil tiga sendok makan minyak sisa menggoreng. panaskan lalu masukkan bebek dan aduk aduk hingga berubah warna tuangkan santan cair serta gula pasir masak sampai mendidih hingga kuah mengental dan daging bebek lunak.
  5. Sebelum diangkat, Tambahkan air perasan jeruk nipis dan bawang merah goreng, aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.
Resep untuk 2 orang.

Itulah cara membuat gulai bebek Aceh yang sangat mudah namum memiliki rasa yang maknyus. Bagi bunda yang juga ingin membuat soto ayam, saya juga sudah bagikan resepnya dan tinggal bunda baca di resep soto ayam bening dan resep soto ayam santan kental. Selamat mencoba ya bunda..