Resep lemper isi ayam spesial

By

Resep lemper isi ayam spesial

Makanan lemper biasanya tersedia sebagai hidangan atau makanan untuk menjamu tamu sebagai pelengkap minum teh selain kue. Namun tidak jarang, lemper juga di jadikan makanan penunda lapar. Maka makanan ini sangat cocok untuk dihidangkan kepada tamu yang datang dari jauh untuk menemani ngobrol, sebelum makan berat seperti nasi. Hingga tak heran jika lemper sering kita jumpai pada acara hajatan maupun acara pertemuan keluarga.

Resep lemper isi ayam spesial

Lemper sendiri merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak di sukai. Terlebih lagi lemper dengan isi ayam yang memang terasa lebih enak di bandingkan lemper dengan isi lainnya. Banyak yang menjadikan lemper ayam sebagai bekal atau pengganti sarapan sewaktu akan beraktivitas. Dan mungkin juga keluarga anda yang menjadikan lemper sebagai makanan kesukaan. Dan untuk menikmati lemper ayam yang enak, anda harus membelinya di tempat-tempat penjual kue karena tidak tahu resep dan cara membuat makanan tersebut.

Nah, bunda...mulai sekarang apabila anda kepingin membuat lemper ayam sendiri di rumah, saya akan berikan resep dan cara membuatnya. Jadi kedepan bunda bisa membuat lemper sendiri untuk keluarga di rumah atau pada saat akan menjamu tamu. Saya yakin bagi bunda yang tidak bisa membuat lemper, dengan membaca resep ini pasti langsung bisa mempraktekannya di rumah.  Berikut resep lemper ayam spesial untuk bunda pelajari.

Bahan lemper ayam

# 500 gram beras ketan
# 250 ml santan kualitas baik
# 200 ml air
# 8 lembar daun salam
# 3 sendok makan garam

Isian lemper

# 2 buah fillet dada ayam
# 5 siung bawang merah, haluskan
# 3 siung bawang putih, haluskan
# 4 butir kemiri, haluskan
# 2 sendok makan garam
# 1 sendok teh kaldu ayam instan
# Air untuk merebus ayam secukupnya
# Minyak goreng secukupnya untuk menumis ayam

Cara membuat lemper ayam

  1. Pertama, bunda cuci bersih beras ketan terlebih dahulu kemudian rendam dengan air mendidih kurang lebih 1 jam.
  2. Masak beras bersama santan dan tambahkan air, tambahkan garam, kaldu instan dan daun salan, masak hingga beras setengah matang dengan pertandanya cairan telah habis.
  3. Kukus beras ketan aron tadi selama kurang lebih 120 menit.
  4. Jika telah matang angkat nasi ketan lalu pindahkan ke dalam wadah dan aduk hingga merata supaya nasi ketan pulen.

Membuat isian lemper ayam

  1. Rebus dada ayam hingga empuk kemudian angkat dan biarkan hingga dingin. 
  2. Selanjutnya cincang halus dada ayam tersebut, kemudian tumis cincangan dada ayam dengan sedikit minyak dan bumbu halus biarkan matang dan agak mengering, tes rasanya.
  3. Apabila rasa sudah sesuai selera, matikan kompor angkat dan biarkan dingin.
  4. Selanjutnya tinggal membentuk lemper sesuai dengan selera anda.
  5. Kalau saya, beras ketan saya kepal sebesar sendok sayur kemudian di isi dengan sesendok ayam lalu bulatkan dan bungkus dengan baking paper.
  6. Bisa juga bulatan lemper di bungkus dengan daun pisang yang telah di layukan.


Sangat mudah kan bunda?. Nah, sekarang bunda tinggal praktekan sendiri resep lemper ayam spesial ini dapur masak bunda. Coba buktikan bahwa bunda juga bisa membuat lemper ayam yang enak. Selamat mencoba ya bunda..